Kamis, 05 Agustus 2021

STRATEGI PEMASARAN BUKU OLEH AHLI

Resume ke-10

Gelombang 20

Narasumber : Agus Subardana

Moderator : Aam Nurhasanah

Penulis : Saiful Basroni

Topik : Pemasaran Buku



"Menulis merangsang pemikiran, jadi jika kamu tidak bisa memikirkan sesuatu untuk ditulis, tetaplah mencoba untuk menulis." (Barbara)

2 Agustus 2021, bertepatan dengan hari senin. Itu artinya jadwal kuliah online belajar menulis PGRI bareng Om Jay. Pada pertemuan tersebut kita dibersamai oeh sang Blogger Inspiratif yaitu  Bu Aam Nurhasanah. Beliau membuka kelas dengan ucapan salam dan menyapa para guru hebat peserta pelatihan. Beliau mengatakan bahwa dalam seminggu ini kita akan ditemani 3 narasumber penting  penerbit mayor (besar), PT Andi Offset Yogyakarta.

Materi pada pertemuan malam ini adalah Pemasaran Buku yang akan disampaikan oleh narasumber mumpuni di bidangnya. Bapak Agus Subardana merupakan Direktur Marketing dari Penerbit Andi Offset Yogyakarta.

Berikut CV dari narasumber:



Bagi penulis pemula materi ini sangatlah penting. Karena muara dari seorang penulis yaitu pasti menerbitkan buku. Kemuadian setelah buku terbit tentunya kita harus tahu bagaimana cara memasarkan buku yang efektif sehingga buku bisa diminati dan sampai tangan para pembaca.

Buku merupakan salah satu sumber ilmu pengetahuan dan sarana utama bagi proses pembelajaran serta sarana  penyampaian informasi. Sejak usia dini, anak – anak telah diperkenalkan pada buku dan diajarkan untuk membaca beraneka ragam terbitan buku.

Dalam rangka mempersiapkan generasi muda yang cerdas dengan minat baca yang tinggi khususnya anak-anak, pemerintah mendorong kegiatan membaca sebagai wujud dukungan dan tindakan nyata dalam membangun budaya membaca sejak dini. Dukungan pemerintah terhadap budaya membaca buku dan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap buku, menciptakan peluang usaha bagi pengusaha yang bergerak di bidang penerbitan buku.

Dampak dari pandemic covid 19 saat ini penerbitan buku mengalami penuruan drastis dari sisi penjualan buku. Dari sekitar 1328 penerbit yg terdaftar di IKAPI banyak penerbit yang tumbang dan gulung tikar karena terdampak pandemic ini. Untuk dapat tetap eksis sebuah penerbit harus mempunyai strategi jitu untuk menghadapi situasi yang tidak menentu seperti saat ini.

Berdasarkan gambar diatas terlihat jelas bagaimana dampak pandemic covid 19 sangat mempengaruhi terhadap penjualan buku.



Seperti terlihat dalam grafik, sebelum pandemic datang bln januari 2020 penjualan buku masih bagus. Kemudian pada bulan maret, April, mei juni mengalami penurunan. Bulan juni sampai oktober trendnya sempat naik. Namun pada tahun 2021 ini mengalami penurunan yang drastis.

Dengan adanya pandemic yang belum juga berakhir, kita harus bisa bertransformasi ke digital marketing atau sistem online.

Strategi Mempertahankan Penjualan Buku Saat Covid 19:

1. Tetap terhubung dengan pelanggan buku melalui Media Sosial

2. Pastikan buku yang kita jual mudah ditemukan Online ( Website, Marketplace, media sosial, dll )

3. Pemasaran buku melalui Komunitas

4. Selalu tampil yang pertama dan terdepan dibandingkan dengan kompetitor lain.

5. Penawaran Promo Khusus:

    - Diskon / Rabat

    - Sering mengadakan webinar

6. Menjadi Brand yang tanggap situasi dengan menumbuhkan empati. Seperti :

    - Cepat dalam pengiriman

    - Carikan informasi buku yang sesuai keinginan pasar

    - Kalau ada komplain berikan solusi yang jelas an apa adanya.

Narasumber mengungkapkan seperti halnya di penerbit Andi, pilihan strategi pemasaran penjualan buku sangat dipengaruhi oleh banyak aspek dan unik . Hal itu dapat dilihat dari jenis – jenis buku yang di terbitkan. Jenis – jenis buku yang di terbitkan tersebut dikelompokan menjadi beberapa katagori buku. Salah satu contoh Penerbit ANDI Offset menerbitkan buku cukup banyak katagori produk yaitu ada 32 katagori produk buku ( Katagori buku Anak, buku Bisnis, Buku Pertanian, Buku Fiksi - Novel, Buku Pengembangan Diri, Buku Teks , dll ).

Dari jenis – jenis kategori buku tersebut disinilah kita akan melakukan pemetaan berdasarkan jenis katagori buku yang diterbitkan. Pada umumnya kegiatan pemasaran buku berkaitan dengan berkoordinasi beberapa kegiatan bisnis.  Strategi pemasaran pada umumnya di pengaruhi oleh faktor yang meliputi :

1. Faktor Mikro yaitu perantara, pemasok, pesaing dan masyarakat.

2. Faktor Makro yaitu demografi-ekonimi, politik-hukum, teknologi-fisik dan sosial-budaya.

Narasumber menegaskan, saat ini dalam menjalankan bisnis Penerbitan Buku yang sedang kami terus jalankan masuk dalam faktor keduanya yaitu Faktor Mikro dan Makro. Hal ini dikarenakan Penerbit ANDI Offset sudah termasuk Industri Penerbitan buku, dengan usianya sudah mencapai 40 tahun dan telah menerbitkan buku lebih dari 10.000 judul buku yang telah di kelompokkan menjadi 32 katagori.

Narasumber menuturkan bahwa dalam pemasaran buku di Penerbit Andi menggunakan dua strategi pemasaran yaitu Strategi Pemasaran Buku serangan Udara dan strategi pemasaran buku serangan Darat, dengan berlandaskan pada faktor mikro dan faktor makro tersebut di atas. Dua strategi tersebut dapat kita jelaskan secara singkat sebagai berikut :

1.    1Strategi pemasaran  serangan udara atau online. Yaitu promosi melalui website, media social, marketplace, reseller.dll

2.    2Strategi pemasarn serangan darat atau offline. Penerbit Andi telah mempunyai 87 cabang di berbagai kota dari Aceh s.d Papua, dengan menempatkan tenaga pemasaran di tiap kantor cabang tersebut.

Strategi pemasaran buku serangan darat ini kita kelompokkan berdasarkan target pasar yang kita tuju , antara lain :

a)      Toko buku Modern. Menggunakan system administrasi sesuai dengan perkembangan teknologi. Contohnya Gramedia bookstore, Gunung agung, Togamas Bookstore, dll

b)      Toko buku Semi modern.

c)      Toko buku Tradisional. Pada took buku tradisional mengguakan system tunai atau dengan istilah ada uang ada barang.

Pemetaan ini dikarenakan adanya perbedaan system administrasi yang digunakan dan tempat penjualan yang berbeda. Saluran darat biasa juga dilakukan penjualan secara langsung ke sekolah-sekolah melalui sales kami.

Jangan pernah berhenti berkaya melalui karya tulisan buku. Karena buku turut serta dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Potensi pasar buku tidak ada habisnya selagi manusia mau belajar dan terus belajar pasti membutuhkan buku. Dan buku tak lekang oleh waktu.

Jadi untuk penulis pemula tetaplah semangat, terus berkarya, terus bertumbuh. Untuk mewujudkan mimpi menjadi penulis sejati yang karyanya selalu di nanti dan tak akan pernah mati.

"Menulis adalah suatu cara untuk berbicara, suatu cara untuk berkata, suatu cara untuk menyapa, suatu cara untuk menyentuh seseorang yang lain entah dimana. Cara itulah yang bermacam-macam dan di sanalah harga kreativitas ditimbang-timbang." (Seno Gumira Ajidarma)


KUTAI KARTANEGARA

 

 

3 komentar:

  1. Selalu menuliskan kutipan istimewa dan resume yang mengalir🙏

    BalasHapus
  2. Closing statement yang menggugah......semangat terus pak.....👍

    BalasHapus
  3. tetap semangat semuanya. terus berkarya

    BalasHapus